MATERI APL.MP E*/**(Compiere)

Compiere

Compiere adalah salah satu piranti lunak Enterprise Resource Planning (ERP) berbasiskan Open Source yang dapat diimplementasikan pada perusahaan, terutama perusahaan distribusi.

Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya. Didukung dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, yang lazim di Indonesia.

Kemampuan Compiere yang memungkinkan untuk dibongkar-pasang serta di kustomisasi menjadikannya ERP salah satu produk yang unik di pasaran. Infrastruktur di dalam Compiere memungkinkan pengembangan aplikasi di atas tanpa harus membutuhkan seorang yang ahli dalam pemrograman Java sekalipun. Ini juga positioning yang baru bagi pasar aplikasi integrasi.

Hal lain yang menarik yang terdapat di Compiere adalah kita dapat merubah business process dan menyesuaikannya dengan kebutuhan organisasi. Dengan demikian aplikasi lebih mudah diterima pengguna dan tidak menyulitkan dalam implementasi.
Dalam hal reporting juga sangat fleksible. Compiere menyediakan berbagai pilihan untuk mendesain report dengan sangat mudah, tanpa pengetahuan pemrograman yang mendalam. Anda dapat menentukan jenis data apa saja yang akan ditampilkan dalam sebuah report.

Dengan beberapa karakteristik diatas, Compiere juga dianggap sebagai sebuah framework pengembangan, artinya kita dapat membuang semua kemampuan ERPnya, lalu kita mengembangkan module dari nol, dengan hanya mengadopsi arsitektur keamanan modulenya.

Solusi ini sebenarnya cara paling mudah bagi mereka yang ingin mengembangkan aplikasi desktop atau web, tetapi tak memiliki resource yang cukup misalnya keterbatasan pada tim pengembangan Java. Posisi Compiere sebenarnya dapat disetarakan dengan produk Netbeans yang dikembangkan oleh Sun maupun Eclipse RCP yang diinisialisasi oleh IBM.

Dan satu hal lagi, Compiere juga jalan di semua sistem operasi terkenal diantaranya Solaris, Linux, Unix, AIX, AS/400 dan tentu saja Windows.

Screen Shot Compiere

Modul-modul yang tersedia pada Compiere antara lain :

1. Quote to Cash
Adalah modul untuk menjalankan proses penjualan, pembuatan penawaran ke pelanggan, serta melakukan penagihan pembayaran. Anda dapat membuat invoice dan menerima pembayaran dari pelanggan.


2. Requisition to Pay
Bagian ini berfungsi untuk mengendalikan proses pembelian barang, penjadwalan hutang, serta mengatur pembayaran ke pemasok.


3. Supply Chain Management
Adalah modul untuk mengendalikan stok barang sehingga kondisi stok yang tersedia dapat selalu dipantau. Selain itu juga memonitor status barang-barang yang dibeli dari pemasok maupun yang akan dikirim ke pelanggan.

4. Customer Relatinship Management (CRM)
Berfungsi untuk mengelola data pelanggan dan partner bisnis. Anda dapat mengatur berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pelanggan seperti penjualan, surat-menyurat, pengiriman brosur, dan lain-lain.

5. Performance Analisys
Bagian ini adalah modul akuntansi dalam compiere, mencatat semua transaksi yang terjadi diperusahaan dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan. Anda dapat melihat posisi keuangan dan laba rugi perusahaan.

Aspek Teknologi Compiere
Bagaimana arsitektur teknologi yang digunakan? Secara garis besar aplikasi ini menggunakan arsitektur Java sehingga bersifat multi platform. Anda dapat mengisntallnya di lingkungan Linux, Windows, maupun Unix. Arsitektur Compiere terdiri dari 3 layer yaitu :
1. Server Database
Menggunakan database Oracle versi 9, sehingga secara legal anda tetap harus membayar lisensi Oracle walaupun aplikasi Compiere sendiri diperoleh gratis. Saat ini tim pengembang Compiere sedang menuju database independence sehingga dapat mendukung berbagai database yang ada di pasaran seperti PostgreSQL dan SQL Server.

2. Application Server
Teknologi yang digunakan adalah JBoss yan juga bersifat open source dan gratis. JBoss merupakan application server terkemuka untuk mendukung platform Java Enterprise (J2EE).

3. Client
Di sisi klien terdapat 2 pilihan, yaitu Java Client yang menggunakan antar muka Windows dan HTML Client yang menggunakan browser. Java Client lebih kaya fungsi dan user friendly, sehingga sangat memudahkan proses transaksi. Sedangkan HTML Client memiliki kelebihan dalam hal kemudahan instalasi karena hanya memerlukan web browser di sisi klien. Interface web ini dibangun berdasarkan
teknologi Java Server Pages (JSP)


Jika Ternyata Compiere juga terlalu sulit, maka ada program ERP yang lebih mudah, yaitu WEB-ERP.
dibuat menggunakan PHP-MySQL. Seperti program PHP lainnya, Anda memerlukan web server untuk menjalankannya. Proses instalasi dapat Anda lihat di manualnya. Anda dapat mendownloadnya di www.webERP.org. Mau mencoba open source ERP lain, coba search di http://sourceforge.net dan masukkan kata ERP sebagai kata kunci pencarian.


webERP

0 Response to "MATERI APL.MP E*/**(Compiere)"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme